Skip to content →

Chinese Dragon Festival

The Chinese Dragon, or Long, symbolizes power and excellence, valiancy and blodness, heroism and perseverance, nobilty and divinity. A dragon overcomes obstacles untill success. He is energetic, decisive, optimistic, intelligent and ambitious.

Naga atau ‘Long’ dalam bahasa mandarin. Sebuah hewan legendaris yang hidup dalam sepanjang sejarah China mulai dari 3000 tahun sebelum masehi. Simbol kebahagiaan, keabadian, kesuburan, dan kemakmuran bangsa China. Dahulu kala, naga merupakan hewan keramat yang menjadi  simbol dari kekaisaran China. Hewan keramat ini merupakan gabungan dari 9 hewan, dia memilik tanduk dari rusa, kepala dari unta, mata iblis, leher ular, perut tiram, sisik ikan gurami, cakar dari burung elang, tangan dari seekor harimau, dan telinga seekor lembu.

Menurut mitos China kuno, naga hidup di bawah permukaan bumi dan hanya mengunjungi bumi pada bulan kedua setiap tahunnya untuk menurunkan hujan dan petir. Naga juga terbagi menjadi sembilan jenis (jadi inget songoku dan dragon ball oy:D). Lebih lengkap bisa baca disini.

Next, saya  mau cerita tentang Dragon festival yang saya lihat kemaren tanggal 24 Februari di Binyang, Nanning. Kota ini bisa ditempuh dengan 2 jam perjalanan dari Nanning. Festival ini hanya diadakan sekali dalam setahun pada bulan kedua. Tadinya saya cuma berpikir kalo akan disuguhi dengan arak-arakan naga yang dibawa serombongan pemuda, ga jauh-jauh bayangannya dari karnaval tujuh belasanan.

And guess what? Ternyata saya salah besar sodara-sodara. Festival kemaren bener-bener GILA! Dahsyat abis. Ga tau ya apa saya yang norak aja pertama kali liat festival macam gitu. Tapi menurut saya bener-bener spektakuler, sampai seluruh badan saya menggigil gemetaran coz  rasanya seperti terjebak di tengah-tengah medan perang!Ngeri banget pokoknya, sampai saya harus nyumpel kuping pake kapas 4 lapis dan pake masker dan 20 menit pertama cuma ngumpet di dalam rumah orang. hihi..

OKB, saya jelaskan lebih detail dulu  prosesinya. Sekitar pukul 18.30 naga-naga di segala penjuru mulai berkumpul di depan kuil, di doakan dulu ceritanya. Setelah itu ada prosesi membuka mata si naga (tadinya ditutup dengan kain) dengan menempelkan mata ayam jago ke mata si naga tadi. Katanya sih untuk membuka cahaya gitu. Pukul 19.00 usai sudah prosesinya walau  terlihat masih banyak orang yang sembahyang dan ada yang berebut menyentuh si ayam tadi. Karena katanya akan membawa keberuntungan.

sembahyang

 

Tiba-tiba suasana yang tadinya hening berubah seperti di medan perang, ratusan mercon diledakkan serempak menyambut kebangkitan sang Naga.

mercon

bayangkan kalo tiap rumah punya persediaan mercon segini banyaknya!

 

The dragon team! Pada bertelanjang dada semua, padahal nanti bapak-bapak ni bakalan dilemparin mercon ma seluruh penduduk kota!

dragon tim

Hoho..semuanya pegang serentengan mercon untuk dilemparkan kepada sang naga

mercon1

 

 

Sang Naga pun mulai menari meliuk-liuk ditengah lautan api!Si naga ini akan menyambar setiap rentengan mercon yang dibawa oleh para pengunjung. Btw2 walau awalnya saya takut2 gt, akhirnya saya juga ikutan main merconnya loh! Kejar-kejaran sama sang Naga sambil bawa rentengan mercon. Padahal dua orang temen saya yang cowo pegang aja ga berani, apalagi ikut masuk ke medan perang! Seruuu abiissss!

dragon1

matanaga2

matanaga3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Prosesi terakhir setelah 2 jam lebih sang naga menari adalah pembakaran sang naga untuk mengembalikan soul sang naga kembali ke langit.Akhirnya  rangka sang Naga pun terbakar habis, dan berpulanglah dia ke langit.dragon bakar

 

Terakhir, oleh-oleh saya kali ini adalah “The Dragon Ball” beneran..hehe..menurut warga disana dragon ball ini sangat special dan  bisa membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Aih, walau tak percaya sama hal-hal beginian tapi saya tetep senang bisa dapet the real dragon ball…

dragon ball

 

 Xiexie!

 

Published in China Traveling

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*