Skip to content →

My 2017 Top 7 Resolution

2017 Top 7 Resolution
2017 Top 7 Resolution

 

Haiiii Gaiiiss,

Ga kerasa banget yah tau-tau kita udah di penghujung tahun 2016 dan sebentar lagi bakalan menyambut tahun baru 2017. Wow, rasanya seperti sekedipan mata aja tahun 2016 berlalu. Banyak banget berkah dan kejadian yang berkesan di tahun 2016 ini buat saya pribadi dan keluarga; mulai dari pindah rumah, melahirkan anak kedua, sampai mulai mengajar di tempat yang baru. Alhamdulillah, semuanya patut disyukuri.

Well, honestly tahun 2016 kemarin saya ga bikin resolusi apa-apa just go with the flow alias ngalir aja, padahal tahun 2015 saya buat buanyaaak kali resolusi dan wishlist, jadi rempong sendiri karena ternyata banyak target belum terkejar. Makanya tahun 2016 ga bikin cuma melanjutkan yang belum terlaksana. Awalnya kepikiran ya kok belum ini belum itu, tapi lama-lama kok kayaknya jadi beban ya kalau memikirkan hal-hal yang belum tercapai, emangnya kompetisi? Ya sudahlah belajar nrimo dan fleksibel, apa yang kita mau belum tentu yang terbaik buat kita kan? Ya mungkin Tuhan masih menangguhkan saja atau mungkin punya rencana yang lebih baik? So syukuri saja apa yang telah terwujud dan terlaksana, ENJOY! Jadi orang ga usah perfect banget lah, kadang-kadang perlu juga jadi orang yang selooowww biar hati damai ga stress. Setujuuu…

Oukehh jadi sebelum suara terompet dibunyikan, sebelum kembang api dinyalakan, dan sebelum tahun kalender baru digantungkan *maksa wkkk. Ada baiknya kita susun resolusi untuk menyambut tahun 2017 yak! Anggap saja sebagai master plan buat kita mengarungi hari-hari di tahun mendatang. Okeh, ini TOP 7 RESOLUSI #resolusiku2017 saya, cekidot :

  1. POLA MAKAN ; CLEAN EATING

First thing first, kenapa memperbaiki pola makan jadi prioritas saya di tahun mendatang ini? Yap, seperti kata pepatah YOU ARE WHAT YOU EAT! Nah, kita adalah apa yang kita makan, jadi tubuh kita ke depan mau sehat mau sakit karena ga diberi asupan yang tepat itu adalah pilihan kita. Yes I do believe that to live healthy is a matter of choice. Iyo semua pilihan di tangan kita sendiri, mau  makan apa aja dihajar trus badan jadi ringsek di masa tua nanti, atau sekarang hati-hati dalam memilih makanan yang sehat supaya bisa menikmati masa tua kita nanti? Well, the choice is yours

Memang semuanya sudah diatur Tuhan ya untuk urusan jodoh, rezeki dan maut. Tetapi kita juga harus menghargai dan merawat apa yang telah Allah karuniakan kepada kita kan? Tubuh yang sehat kalau dibombardir dan digempur makanan tidak sehat lama-lama ya bakalan ambruk juga pertahanannya. Aduh ga kepingin kan masa separuh baya kita dihabiskan bergelut sama si kolesterol, darah tinggi, asam urat, atau stroke? Selain raga kita yang kesakitan, pastinya juga akan merepotkan orang terdekat kita ya. Doa saya setiap hari agar saya diberi kekuatan dan kesehatan untuk membesarkan anak-anak dan mengurus keluarga, merawat orang tua, dan supaya keberadaan saya bisa memberikan manfaat kepada sesama.

SEHAT ITU BUKAN TAKDIR, TAPI PILIHAN! Sooo stop nyalahin takdir atau faktor keturunan yes kalau udah sakit, salahin aja diri sendiri. Kasian banget si takdir selalu jadi kambing hitam. Ayuk kita semua belajar untuk mencegah daripada mengobati. Coz Preventing is Better than Cure. Okeh..catettt!

2. OLAHRAGA

THIS!

Harus saya akui saya ini orangnya pemalas banget kalau disuruh bangun pagi and olahraga. Planning doang yang banyak, actionnya NOL! Buahahhaa, omdo terus pokoknya! Padahal ya dari kecil saya ini lumayan aktif olahraga ya dari ikut klub karate, klub badminton sampai ekskul tenis meja alias pingpong. Belum pas SMA dulu saya gabung jadi tim pecinta alam dan juga aktif di pramuka, suka banget sama kegiatan outdoornya.Trus jaman kerja kantoran kemarin sempat gowes dari rumah sampai kantor yangmana jaraknya sekitar 10km. Masih setrooong gaes!  Sekarang? Alahmak, jalan dikit aja udah ngeluh boyoken, pegel sana sini, and ujung-ujungnya minta dipijitin sama suami. Wkkkk…akhirnya jad malas sendiri kan mau olahraga kok banyakan ngomel capeknya, faktor U kali yes plus udah turun mesin dua kali. Soooo ga ada asalan lagi tahun depan harus mulai konsisten dan semangat berolahraga lagi! Fighting! Ganbatte! Semangatttt!

3. GAYA HIDUP

Semenjak baca bukunya Marie Kondo “The Life Changing Magic of Tyding Up”, baca artikel-artikel blog tentang hidup minimalis, serta mantengin youtube tentang lifestyle yang lagi ngetren di Jepang dan juga di seantero Jagad ini saya pun jadi ikut-ikutan terpengaruh untuk ikut gaya hidup ini. Di bukunya Marie Kondo kita disarankan untuk hidup dengan barang-barang yang hanya bisa membawa SPARK & JOY di kehidupan kita, SECUKUPNYA SAJA! So, tidak perlu menyimpan atau menimbun barang-barang yang sebenarnya tidak membawa kebahagiaan atau berguna bagi kehidupan kita. Sepakat banget sama poin ini.

Inilah pencerahan bagi saya, titik balik dalam hidup saya bahwasanya budaya konsumtif itu hal yang mubadzir dan useless. Beli barang karena butuh, simpan barang karena bisa bikin bahagia. Secukupnya, seadanya. So, semenjak tiga bulan lalu saya mendapat pencerahan ini saya sama sekali belum pergi shopping beli-beli baju atau jilbab baru. Bahkan saya rutin melakukan DECLUTTERING atau beres-beres memilah-milah barang, mana yang disimpan, mana yang dibuang atau disumbangkan. By doing that saya merasa jiwa saya jadi ringan dan lapang. Serius!

Kemudian saya juga akan lebih banyak bersyukur, berbahagia dan lebih santai terhadap diri saya apapun yang akan terjadi nantinya. Apapun problemnya, seloow ajaaah ga sah dbikin stress. Ngapain stress mikirin hidup? Mikirin bias saya si Kim Woobin aja udah pusing, hahaha derita anak drakor

4. FINANCIAL

Setelah mengamini pola hidup minimalis dan sederhana, saya semakin sadar bahwa kita ini di dunia ini sejatinya hanyalah mampir ngombe aja. Besok kita berpulang juga bakalan ga bawa apa-apa selain amal sholeh, sekeping rupiah atau selembar dolar pun ga bisa kita bawa waktu kembali besok. So, saya sekarang ga terlalu ngoyo untuk ngumpulin uang dan mikirin harta sampe segitunya. Trus saya juga jadi ga terlalu bernafsu untuk hambur-hamburkan uang untuk sesuatu yang useless. So saya bertekad tahun depan saya akan lebih banyak untuk berbagi rezeki yang saya peroleh. Tapi, saya juga akan tetap memikirkan kesejahteraan anak-anak dan masa tua kami nanti dengan tetap menyisihkan sebagian untuk investasi masa depan keluarga kami. Semoga kita semua diberi kelancaran rezeki di tahun mendatang yah, aamiin

5. KARIR

Saya termasuk orang yang tidak konsisten dan kurang gigih dalam mengejar karir yang sesuai passion saya. Setelah lulus, alih-alih meneruskan jurusan bahasa Inggris saya malah mempelajari bahasa Mandarin. Trus setelah selesai belajar mandarin, saya malah terjerumus dalam kerjaan kantoran selama kurang lebih 4 tahun. Iyess, dari dulu saya pengen banget jadi guru atau dosen, pokoknya passion saya itu mengajar. Eee ga nyangka pekerjaan pertama saya justru berkecimpung dalam dunia administrasi dan tetek bengek perkantoran. Tapi justru kerjaan kantoran inilah batu pijakan saya yang pertama, sebelum melangkah ke batu selanjutnya yaitu kuliah S2 dan akhirnya bisa menjadi dosen. Thanks OIA!

Terusss saya juga berniat untuk lebih serius menulis dan tentunya membaca juga. Menulis ilmiah baik untuk penelitian, jurnal dll saya juga pengen lebih serius dalam menulis di blog. I mean lebih konsisten dan menjadi lebih “berisi’ muatan tulisannya. Ayo kamu pasti bisa!

6. SPIRITUAL

MENS SANA IN CORPORE SANO

Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Nah ini juga penting selain sehat jasmani, rohaninya harus sehat. Karena saya muslim maka saya perlu melaksanakan ibadah-ibadah dengan baik dan benar sebagai makanan rohani saya. Nahhh, evaluasi diri sendiri dulu gimana sholat-sholatnya, ngaji, dan apa kabar hapalan? Aduh, malu sama anak saya yang di PAUD karena tiap hari hapalannya nambah terus tapi emaknya jala di tempat. Hadeuuh, semangat mak! Pokoke tahun depan kudu lebih kenceng ibadahnya yaaa *TalktoMyself

7. TRAVELING

Ouuyeaah ini mah ga sah dibahas panjang lebar lagi yak, semua orang butuh PIKNIK! haha..apalagi emak-emak rempong macam saya hukumnya wajib nih untuk jalan-jalan paling ga dua minggu sekali ya. Ga perlu jauh-jauh sih buat bisa refreshing, cukup pergi ke tempat-tempat asik sekitar rumah yang belum pernah dikunjungi. Sabar dulu tunggu adeknya Uways gedean dikit, bisa jalan lah minimal baru deh diajakin traveling jauh-jauh lagi.

Of course harus pasang target wishlist lah yaaa, ga sah banyak-banyak biar bisa fokus dan terlaksananya semuanya. Semoga diberi kelancaran rezeki, kesehatan dan juga waktu supaya bisa jalan-jalan ke destinasi impian saya di tahun 2017. Terpenting adalah dari sekarang harus menyisihkan tabungan khususon jalan-jalan yes jadi udah ada persiapan.

Okeh gais, ini adalah #resolusiku2017, what’s yours? Please share with us!

Tulisan ini diikutkan dalam Hidayah-Art First Giveaway “Resolusi Tahun 2017 Yang Paling Ingin Saya Wujudkan”

Published in Blog Writing Competition My thought

3 Comments

  1. Aaaaaakkkk.. Mbak intaaan, nampaarrr bangeeettt.. Ketampar banyak akuu.. Huhuhuu..
    OK, Lemme tidy my life, internal & eksternal.. Hahaha.. Paraah, paraah, paraahh..
    Q pun lg memperbaiki lg pola makan q mbak.. Lebih clean jg, meskipun blm bs sebagus mb intan, tp q cb cut carbo..hihiii, Bismillah..
    Dan rasanya semuanya kok mirip ya.? Olahraga, travelling, hahaaa.. Yg beda adl tentang kerjaan.. Itu msh jd resolusi q mbak.. Bahahaha.. Smg terwujud di 2017.. Aamiin 3x.. 😇😇

  2. Wah banyaaaak! Hihi

    Kurang lebih sama sih Mbak. Pengen sehat, lancar finansial juga karir. Kalo ada rezeki lebih pengen travelling juga pastinya. Hitung-hitung recharge energi. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*