Skip to content →

BIPA Go-Blog

Haloo para pengajar BIPA apa kabar semuanya?

Kali ini saya mau share tentang pengalaman mengajar mata kuliah menulis di kelas Darmasiswa UAD. Mahasiswanya ada 9 orang, dari Vietnam ada dua yaitu Perla dan Tania, Thailand 3 orang; Hami, Tawan, Zakeeya, Laos satu orang yaitu Khennoy dan satu geng Ukraina; Tanya, Vika dan Igor. Kemampuan mereka bersembilan semuanya bervariasi. Geng thailand sudah masuk kategori madya  karena di Thailand mereka sudah kuliah jurusan Melayu di Univ Fathoni, sedangkan geng Vietnam sudah advance or tingkat lanjut karena memang kuliah di jurusan bahasa Indonesia di kampus mereka di HoChiMinh terus geng Ukraina 2 orang ciwi-ciwi Vika & Tanya juga kategori menengah karena mereka sudah kuliah satu tahun jurusan bahasa Indonesia di Kyv, Ukraina. Sisanya yang masih dasar dan meraba-raba si dua anak Igor dan Khennoy karena belum ada dasar bahasa Indonesia sama sekali.

Overall atmosfer kelasnya menyenangkan dan aktif, sebagian besar punya antusias yang tinggi walau masih ada beberapa yang suka ngobrol sendiri dan tidak memperhatikan. Hampir  semua mau mengerjakan tugas, kecuali satu anak yang benar-benar ga ada usahanya sama sekali! Saya tidak bisa, saya ga tahu, I don’t know anything without dictionary, It’s not important for me, endebre endebree itu aja alasannya kalau ditanya tugas, PR, or saya kasih pertanyaan di dalam kelas. U know what pas ujian akhir lembar jawabannya benar-benar kosong melompong! Wedyaaann…dia cuma nulis satu kalimat “I don’t understand anything without dictionary”. Jiaaah gubrak! Padahal yang lain berusaha nulis walau tanpa lihat kamus.

Terserah wes, hayati sudah lelah 🙂

Oyaaa untuk portofolio tugas-tugas mereka, saya minta masing-masing membuat akun blog pribadi di wordpress atau di blogspot. Jadi setelah mengerjakan tugas yang diminta di kelas misal membuat tulisan sesuai materi dan tema di buku Sahabat Indonesia B1, maka saya akan mengoreksi dan mengembalikan lagi ke mereka. Lalu mereka akan membetulkan lagi hasil tulisannya sebelum akhirnya mereka unggah ke blog masing-masing.

Kenapa harus Blog?

Berikut adalah keunikan dan manfaat yang didapat dengan memiliki blog seperti dijelaskan oleh Zhang (2009)  :
1. Blog tidak memerlukan perangkat lunak yang canggih atau pengetahuan yang spesifik tentang pemrograman komputer. Setiap orang dapat memiliki akun blog dan menggunakannya dengan mudah.

2. Blog ditulis oleh satu orang penulis saja dan memungkinkan para pengunjung dapat menuliskan komentar terhadap tulisan yang diterbitkan.

3. Entri blog dapat berupa teks, gambar, audio, video dan hyperlink. Melalui hyperlink, pembaca dapat menggunakan informasi pendukung yang membawa berita, gambar dan informasi lainnya dari luar ke dalam blog pembaca.

4. Blog memiliki fitur pengarsipan otomatis. Semua posting akan diarsipkan. Arsip dapat dicari dengan kata kunci atau tanggal.

5. Entri blog umumnya ditulis seperti sebuah surat kepada seseorang; berorientasi kepada pembaca, bersifat informal, dan naratif orang pertama. Isi tulisan blog lebih sering mencerminkan perspektif penulis tentang berbagai isu. Komentar terhadap tulisan tersebut dapat berlaku sebagai bentuk diskusi.

Contoh Proses Pengajaran

Berikut ini akan dipaparkan salah satu contoh proses kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh pengajar dalam kelas menulis;

  1. Bahan Ajar : Buku “Sahabat Indonesia B1”
  2. Mencermati materi, contoh unit kedua “Maksud, Tujuan dan Persetujuan”
  3. Dosen menjelaskan tata Bahasa yang berkaitan dengan penyampaian maksud, tujuan dan persetujuan
  4. Bertujuan (mempunyai tujuan)
  5. Untuk (tujuan dan maksud)
  6. Ingin (hendak, mau)
  7. Maksud (tujuan, yang dikehendaki danniat
  8. Supaya (kata penghubung untuk menandai tujuan)
  9. Membuat kelompok terdiri dari dua orang mahasiswa dan dibagi menjadi dua kubu, kubu positif dan kubu negative.
  10. Pengajar memberikan beberapa foto yang berisi isu-isu kontroversial (hukuman fisik di sekolah, hukuman mati bagi pengedar narkoba, homeschooling vs sekolah formal, pasar tradisional vs supermarket) kepada 4 kelompok mahasiswa.
  11. Setiap kelompok akan berdiskusi tentang sisi positif dan sisi negative tentang tema-tema yang sudah dibagikan dengan mengutarakan pendapatnya mengenai persetujuan, maksud dan tujuan.
  12. Setiap mahasiswa menuliskan pendapat pribadi masing-masing (teks argumentasi) dengan menggunakan kosa kata dan tata bahasa yang telah dipelajari menggunakan buku catatan masing-masing.
  13. Karangan singkat tersebut diserahkan ke pengajar untuk dikoreksi dan dibenarkan jika ada kesalahan tata bahasa ataupun kesalahan penulisan.
  14. Pengajar mengembalikan hasil tulisan kepada para pembelajar.
  15. Pembelajar akan mengunggah hasil tulisannya ke blog pribadi masing-masing yang dapat dilengkapi dengan foto atau gambar yang mendukung isi tulisan mereka.
  16. Pengajar akan mengecek blog masing-masing mahasiswa.

 

Blog Mahasiswa Darmasiswa UAD TA 2016/2017

  1. Blog Perla : https://perla306vn.wordpress.com/

 

2.Blog Vika https://viktoriyaweb.wordpress.com/

  1. Blog Hami (hami-hamidah.blogspot.co.id)

  1. Blog Tawan http://tawan046.blogspot.co.id/

  1. Blog Tania (www.tania566.wordpress.com)

Go Visit their blog gaes! Keren-keren lho, terutama Perla 🙂 I think you’ll gonna love her writing and all of her amazing story about Indonesia.

 

Mungkin ada yang mau share tentang kelas BIPA kalian semester kemarin? Saya tunggu di kolom komentar ya!

Sampai jumpa dan SALAM BIPA!

Published in BIPA life as lecturer Uncategorized

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*