Skip to content →

Tips Anti Boros Jalan-Jalan di Mall

Playground Gratis di Hartono Mall, Jogja

Hari gini siapa siiih yang ga suka ke mall? Apalagi di kota besar yak, tiap tahun tau-tau ada mall baru aja nongol. Di Jogja sendiri sudah tak terhitung mall besarnya ada berapa. Duluuu pas masih tinggal di Palagan suka banget ke Jogja City Mall di Jalan Magelang, soalnya dekat kan. Ya ga beli apa-apa siiih, cuma window shopping doang or anak-anak main ke timezone. Nah, berhubung rumah kami sudah pindah ke Jakal jadi destinasi ngemallnya juga pindah, coba tebak mall mana yang jadi favorit kami sekarang?

Iyesss, you’re right! Hartono Mall! The biggest mall in Jogja, menurut saya sih walau katanya the biggest mall in south east asia. Ah masak sih, keknya masih kalah sama mall di KLCC, Kuala Lumpur yang mana saking gedenya bisa bikin nyasar. Hohoho…

Nah, jadi kami hampir bisa dibilang seminggu sekali pasti ngemall. Wisataorang malas sih, jangan ditiru yak! Hihi, habis di mall kan super nyaman yak, apalagi kalau di luar sana sinar mataharinya lagi hot-hotnya. Enak banget ngadem di mall. Trus super lengkap! Mau cari apa aja ada, ya dengan harga yang menyesuaikan harga mall yak. Biasanya sih cuma sekedar window shopping aja, liat-liat baju di UniQlo, ke konternya Laneige or The Body Shop, The Face Shop, yang wajib itu kudu maen ke Informa or Ace Hardware! Oh, sungguh godaan dunia setelah harta dan tahta πŸ™‚ Rasanya pengen diborong semua yaa barang-barangnya, apa daya dompet tak sampai.

Baiklaah, sesuai judulnya kali ini saya mau share tentang Tips Anti Boros Jalan-Jalan di Hartono Mall. Jangan sampai defisit atau keluar duit banyak cuma gara-gara ngemall yak! Stay tune…

TIPS 1

Usahakan kenyang dulu sebelum ke mall, bisa makan di rumah atau mampir ke warung or resto di luar mall. Kenapa? Karena dengan harga yang sama ketika makan di mall, kita akan dapat varian or jumlah yang lebih banyak ketika makan di luar mall. Trust me! Makan di mall mungkin enak dan bergengsi tapi sungguh tydack ramah di kantong.

TIPS 2

Bawa bekal jajanan sendiri buat ke mall. Apalagi kalau yang udah bawa buntut ya, minimal bawa air putih 1 liter itu wajib hukumnya. Kalau beli mehong cyyn, bisa 5rb sebotol. Ya kalau cukup, kalau ga cukup bisa 2 atau 3 botol kan? Okeh, bisa hemat 15rb untuk air putih. Keuntungannya selain irit, bisa mencegah dehidrasi juga kan setelah capek muter-muterin mall berhektar-hektar luasnya inih.

Jajanan yang bisa dibawa sih, bisa buah ya kalau di rumah ada, misalnya jeruk atau apel. Kalau misal ga ada apa-apa ya bisa mampir lah ke toko roti atau beli french fries, hamburger atau chicken sekalian buat bekal makan anak-anak.

Gengsi? Duh, hari gini gengsi mah ga bisa bikin kenyang bosque! Cuek ajaaa. Bapaknya Uways ni cueknya juaraa, mana mau dia jajan ramen di Yoshinoya atau makan sushi di XO. Kagak pernah! Dia bilang dengan duit segitu dia bisa bikin rendang pake daging sekilo beli di pasar! Hahaha, ngomel tiada henti lah kalau saya merengek minta makan di mall.

Yah memang hemat sama pelit tu beda tipis yak *ditimpuksuami wkwkk

TIPS 3

Sampai di mall, langsung ke playground gratis yang disediakan, kalau di Hartono Mall di setiap lantai pasti ada playground gratis untuk anak-anak. Bahkan di sayap barat dan sayap timur juga ada di setiap lantai. Kece lah mainannya ada ayunan, perosotan, jungkat-jungkit, mobil-mobilan, sampai mini merry go round yang pakai bola-bola itu. Langsung dijamin anak-anak happy, ortunya juga tenang karena duit ga melayang.

 

TIPS 4

Tips ini agak gambling sih sodara-sodara, secara bawa anak ke toko mainan di mana bertebaran mainan unyu-unyu menggemaskan yang pasti bikin anak-anak pengen beli. Buat yang anaknya gampang tantrum kalau ga dipenuhin keinginannya mendingan skip tips ini deh, daripada anak jadi nangis tantrum trus ujung2nya dibeliin. Kantong emak jebol deh. Untuuung si Ainan ini anaknya anteng-anteng aja, paling suka kalau lihat boneka di toko mainan. Paling banter dipeluk-peluk sama disayang-sayang, tapi habis bosen bonekanya ditinggal trus dia ambil boneka baru lagi. Gituu aja terus sampai bosan minta keluar sendiri. Belum pernah kejadian sih sampe nangis minta dibeliin boneka. Hahhaa *senyumkemenangan emak-emak.

Kakaknya, si Uways juga sama. Seingat saya belum pernah tantrum kalau minta dibeliin mainan. Misalnya dia pengen pun kita wanti-wanti kasih pengertian kalau harganya mahal, minimal dia harus menabung dulu berapa lama dan ga langsung kita beliin saat itu juga.

Btw ini diaaa tempat favorit sayaaa, toko mainan yang ada di lantai 4 Hartono Mall. Duuuh ngimpi pengen punya kamar dari lantai kayu kekgini isinya buku-buku sama boneka unyu-unyu, bisa betah lama-lama di sini.

 

Surga Boneka
Boneka Bunnies ini yang paling lama dipegang Ainan πŸ™‚

 

TIPS 5

Sebelum beli barang yang diinginkan, selalu cek di online shop seperti di Tokopedia atau Shopee. Misal tas, sepatu atau barang lain. Ini jarang banget siih, hampir ga pernah soalnya. Tau kenapa? Karena bapaknya Uways pasti akan ceramah panjang kali lebar kali tinggi kalau saya pengen beli barang-barang di Mall.

Eh bukannya kebalik yak? Harusnya mamak-mamak kan yaa yang cerewet kalau masalah ini. Wahahhaa, sungguh rumah tangga yang aneh. Tapi ga masalah sih menurut saya, yang penting ada salah satu yang sifatnya irit dan selalu mengingatkan. Lha kalau dua-duanya boros bisa bangkruuuut, ga jadi saving, ga bisa bayar cicilan mobil or rumah. Bersyukur sih diberi suami yang cerewetnya amit-amit, tapi untung kalau di mall doang. Karena beliau berprinsip lebih baik belanja di pasar tradisional (untuk bahan-bahan makanan, sayur dan daging), nglarisi orang-orang lokal juga, dan kalau terpaksa beli di toko maka dia akan lebih memilih beli online karena praktis dan pastinya bisa banding-bandingin harga.

Kayaknya next post saya share yaa betapa iritnya mas suami, dia bahkan semua barangnya beli second-hand lho! Ntabs jiwa kan yaaa

Semoga bermanfaat yaah tips receh saya kali ini. Intinya sih tetap berusaha sederhana dan tidak foya-foya, hidupΒ  secukupnya aja ga usah kebanyakan gaya. Setuju ga? Ada yang mau nambahin tipsnya mungkin?

Salam irit!

Keluarga Kusuma

Published in Family trip My thought Ngapain aja di Jogja Traveling

5 Comments

  1. terbaik mamak.. kluarga panutan.. kayaknya berlaku untuk semua mall ya mak πŸ˜‚

    • intan rawit sapanti intan rawit sapanti

      Waa makasih dh mampir, Dek! Punya blog juga too, waaa kece banget siih blognyaa barusan dh maen ke sana

      • iya tapi belum.banyak isinya hahahha.. masih.gtu2 ajaaa sama belum diatur itu kodingannya.. amburadul.. insyaAllah ntar diupdate biar share cerita kayak mamak yaa πŸ˜‚ share cerita yang banyak lagi mbak…biar jadi referensi akuu ntar πŸ˜‚

        • intan rawit sapanti intan rawit sapanti

          Tadi aku coba komen kok g bisa yaa..itu pake platform apakah? Blm pernah liat😍😍😍

  2. Fuadi Afif Fuadi Afif

    Tulisannya ciamik bu intan…. saya juga pengen bisa nulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*