Skip to content →

Karimunjawa Travelmate #2

Karimunjawa Travelmate 2019

28 Nov – 1 Des 2019

Karimunjawa Travelmate

Apa aja sih yang bisa bikin sebuah perjalanan berkesan? Tempatnyakah? Suasananyakah? Atau makanannya? Hmmm menurut aku salah satu hal penting yang bikin perjalanan makin seru itu teman-teman seperjalanan atau travelmate. Travelmate yang asik, gokil dan ga rese pasti bakalan bikin liburan seru abiiiss. Ya ga?

Nah, liburan ke Karimun kali ini aku ada 6 travelmate, jadi kita total bertujuh. Dari tujuh orang itu ada 3 mantan mahasiswa *yha baru lulus kemarin juga sih, 1 orang teman dosen *juniorku, 1 orang teman main dulunya adik kelas zaman kuliah S1 dan 1 orang lagi mahasiswa magang dari Beijing. Yahh you can say that again, umur kita beda jauuuuh gengs! Ga cuma selisih setahun dua tahun tapi hampir 1 dekade! Wagelaseh, but once more ages is only a number lah ya yang penting nyambung ngobrolnya. Ahzeg!

Nahh, sekarang aku mau ceritain satu-satu travelmate aku ya…

Neri

Penampakannya so Chinese ya dengan tipikal kulit putih dan mata sipit. Temen dosen satu fakultas, tapi beda prodi. Aslinya dari Riau, aku pikir orang Melayu ya eh ternyata orang Batak. Iyalah marganya Daulay gitu loh. Sumpaah dosen satu ini  gokil beuudds. Bisa ketawa mpe perut keram kalau dia udah keluarin logat bataknya, apalagi pas baca teks UUD 1945 atau teks doa pas upacara pake logat batak kental. Doh! Mulut ama perut ampe pegel ketawa! Iya andalannya dia  cerita tentang teman-teman sekolahnya dulu, yang marganya sitohang lah, butar-butar, raja guk-guk, or sihombing. Hati-hati kalau udah keluar umpatan maut “Setannya bapak kauuuu!” wkkkk duuh si bapak salah apaa coba yaa mpe dijadiin umpatan. Eh tapi suara Ko Neri bagus bangett lhooo, cengkok melayunya aduhaaaai merdunya. Penyanyi favoritnya ada Rinto Harahap, Iyeth Bustami, Rita Sugiarto, dan sederet penyanyi jadul lainnya. Secara gitu doi mantan anak padus. Thanks for making this trip amazing with your laughter and golden voice, Koh Ner!

Habib

Mantan mahasiswa aku yang baru aja lulus kemarin, cowo pertama yang aku kenal (or mungkin satu-satunya) yang super ribet ama hairstylenya. Ugh gila bok, rambut is number one! Jimat kesayangannya (baca: sisir) kudu selalu nyempil di dompet belakang or di tasnya. Tiada hari tanpa sisir kesayangan, dan istilah ‘Bad Hair Day” kayaknya ga ada di kamus hidupnya. Hmm bangun tidur belum mandi belum gosok gigi aja udah langsung nyisir. Rambut harus selalu on point! Dan oooh nyisir rambutnya itu lhoo berstep-step gaeeess! Oemjiiii, ada kali 5 menit dia nyisirnya. Kalau mau ngerjain coba deh umpetin sisirnya pasti bakalan bete seharian. Hahaha.. Eh tapi yaa dia itu buanyaaaak kali secret admirernya, ga cuma anak Sasindo aja tapi dari Sastra Inggris or Ilkom pasti tau lah siapa Habib. Semuanya tergila-gila sama dia, ceileeeeehh… udah cakep, pinter main piano, orangnya rapi dan stylish lagi *uhuk! Kok aku keselek ya pas nulis ini. Oiya dia suka banget koleksi sepatu, entah sepatunya udah berapa lusin. Herannya semuanya kinclong dan bersih lho! Secara tiap minggu kerjaannya  bersihin sepatu cuy! Nah ada satu rahasia dari Habib nih pasti kalau fansnya tau pada kabur, dia itu kalau tidur matanya ga merem jadi melek separo gitu lho. Bisa bayangin ga siiiih, hahahha, merem tapi melek, horor ga tuh. Huaahhaha…

Anyway thanks to Habib udah bawa mobilnya dengan enak dan selamat sampai tujuan. Oya kita kemarin ke Karimun bawa mobil sendiri gaes, dan ditinggal nginep di pelabuhan. Lumayan loh irits

Ghalib

Naaaah speechles dah sama makhluk Tuhan satu ini. Awal-awal kenal kesannya krik-krik gitu. Yah mana coba ada dipanggil nama, “Lib…Ghalib” ehh dia jawabnya “Tampan” hmmmm Whattt??? Apa-apaan sih ni anak. Kesan pertama sih ni bocah over confident gitu lah dari gerak-gerik dan tutur katanya. Eh pas udah lama-lama kenal yaaa masih aja sama tuh, pedenya over dosis! Tapi sisi baiknya dia tu hardworking dan follow his passion banget. Dia profesional dancer loh! Yhaa walau ku ga dong kalau liat perform narinya dia. Nah, selain pede tingkat dewa, ternyata oh jebulnya ni anak garing krik-krik dan jayuuuusss jokesnya. Masih ingat si Vicky mantannya Zaskia Gotic ga? Nahh, persisss! Tau-tau suka nyeletuk istilah apa gitu yang dipikirnya bakal bikin kita amazed ya, ehh ternyata salah! Mau bilang hiperbola jadi parabola, trus pas kita lagi cerita apa tau-tau dia nyeletuk “Noleb, gaes” Whatt? Istilah apaan tu, Lib? Eh dengan pedenya dia bilang itu lho yang dia kuper, no leb no lebb…bahasa Inggrisnya hidup ya maksudnya ga ada kehidupan gituuu… Ealahh…

Ohyaa satu lagi yang bikin kita ngakak mpe terjungkal, aduh padahal waktu itu pas di mobil loh! Dia ngotot banget pengen nyetel lagunya dia, ternyataaa mau pamer lagu rapnya bok! Dia bilang dia tu rapper dan udah punya tiga lagu, coba! Wuiiiih kita semua di mobil udah amazed dan bilang kereeen trus ga sabar kan pengen dengerin. Dah tu kita dengerin lagunya detik-detik pertama “Sial lagi, ga abis-abis” yang nyanyi mbak-mbak, next ada suara cowo lhaa kita kira suaranya dia, eh bukan. Trus lanjut part berikutnya ada suara cowo lagi, ini suaramu Lib? Bukan, dia bilang. Nahhh pas terakhir ini ternyata suaranya dia, ini lhooo bagianku katanya dengan jumawa. Kita semua ngernyitin dahi dong, dengerin dengan saksama. Hmmm kok suaranya beda ya ama yang sekarang?

Aku bilang kok kayak suara anak abege, Lib? Eh dia dengan watados *wajah tanpa dosa* bilang “lhaiyaa itu kan rekamannya pas aku masih SMP” Waaaaa gubrakkkkkssss, kita semua kejengkang dari kursi. Duh!

*Barusan aja dia mampir ke ruanganku, curhat lah lagi banyak orderan design. Trus dia bilang mau ngerjain di kampus aja lah abis jam kerja dia, soalnya kalau di kos banyak hipnotisnya. Haaaa, ku kan mikir ya kok hipnotis? “DISTRAKSI kali?” Gangguan kan maksudnya? “Ohiyaaa” katanya dengan wajah polos. Jiaaah Gubrak! Oya ada satu lagi kelebihannya, walau badannya kurus tapi makannya buanyaaaak kali, kalau pinjam istilahnya Mila dia ni body sedan isi container, wkkkkk

Utin

Kenal pertama sama Utin waktu di Nanning dulu, dia masih S1 dan ikut pertukaran pelajar ke GXUN bareng sama teman-teman yang lain. Jurusannya pendidikan Bahasa Mandarin  di UNTAN. Sekarang dia lanjut S2 di Beijing dan magang di jurusanku ngajar bahasa Mandarin. Anaknya sih pendiem tapi asik juga, mau-mau aja ketawa-ketiwi kalau kita lagi becanda. Eh walau pendiem ternyata dia ni atlet Taiji loh, udah menang di tingkat Nasional juga di kategori Taiji Shan alias taiji kipas sama yang pake tongkat, inget Sun Go Kong kan? Nah kekgitu lah kira-kira jurusnya. Beuuuh, kalau udah dikeluarin tu kipas saktinya. Prak! Prak! Mantap jayaa…

Nah satu fakta tentang Utin yang ku baru tahu, ternyata Utin itu nama marga semacam Baiq kalau di Lombok. Jadi panggilannya bukan Utin, yha karena pasti yang nama depannya Utin kan banyak beud ya. So, nama panggilan aslinya itu Ida. Jiaaah, lama kenal tapi baru tau sekarang.

Di Beijing dia ada sidejob loh, jadi pemandu wisata untuk wisatawan dari Indonesia. Hampir seluruh tempat wisata di Beijing sudah pernah dia datangin semua, mantap yak! Padahal dia bilang kalau nemenin ga selalu dapat fee loh, tapi dia enjoy aja soalnya udah dibayarin makan, transport dan pastinya tiket masuk ke tempat-tempat wisata. Sekarang dia lagi fokus nulis thesisnya *pake Bahasa Mandarin loh, gilaa weiiii. Karena dia dapat beasiswa Konfusius jadi ada banyak syarat yang harus dipenuhi, seperti nilai mata kuliah yang harus mencapai nilai minimal 90 sama  tes HSK juga. Btw, bentar lagi dia balik ke Beijing untuk nyelesain thesisnya. Good Luck Utin! Jiayou terus lah ya, semoga lancar bimbingan, sidang thesis sampai wisudanya nanti! Tunggu kami di tembok China yaaa…..

Widya

Nah, dia ni part time mbak-mbak kantoran tapi fulltime traveller. Pertama kenal deket karena dikenalin Ina dulu dan dia join tripku yang pertama. Iyess trip pertama dan paling rempong karena bawa pasukan sirkus ke Malaysia dan Singapore. Waktu itu kami ngetrip bareng satu kantor dengan bawa anak masing-masing. Gils rempong tapi seru bangets. Semenjak dari trip overseas itu masih ada juga kita ngetrip bareng,  ke Karimunjawa bok! Waktu itu kita gabung juga sama rombongan dari Jakarta yang belum pernah kita kenal sebelumnya. Tapi asik-asik aja anaknya ga rese, malah welcome dan sampai sekarang masih komunikasi. Setelah itu  aku ada vakum lah ga ngetrip kemana-mana lagi, eh Widya doong masih lanjut explore Indonesia. Trip ke Dieng, Pacitan, Baluran, Ijen, Banyuwangi, lanjut ke Lombok *dia sewa motor katanya untuk eksplore Lombok, dari ujung barat ke ujung timur. Wagelaseeeh. Belum lagi pantai-pantai di Jogja udah katam lah dia, hapal setiap sudut pantai-pantai di Jogja especially di Gunungkidul yang cakep-cakep pantainya. Hasil jepretannya bagus banget loh, padahal cuma pakai hape. Iyes dia spesialis moto landscape pemandangan. Coba deh cek IGnya, isinya pemandangan semua.

Overall she’s a great travelmate akuh, ya mungkin karena udah sama-sama dewasa ya jadi udah sama-sama pengertian. Walau satu kekurangannya yaitu dia ga bisa berenang! Hahhaa, tapi udah ada kemajuan sih, waktu ke Karimunjawa pertama kali dulu dia cuma duduk manis di kapal padahal kita semua asyik snorkeling. Nah, kemarin ini dia udah berani nyemplung loh dan ikut snorkelingan walau masih agak takut-takut gimana. Cumaaan sayang banget dia ga mau nyelem-nyelem buat foto underwater. Jiakakakkak jatahnya buat aku deh akhirnya, hihihi. Pokoknya besok-besok kudu belajar renang yak, kalau perlu kursus dah biar next trip ke laut bisa ikutan menyelam dan kenalan langsung sama si nemo. Oke yaaaa…suippsss!

Via

Pertama kali ketemu Via pas aku ngajar kelas mereka di kelas Bahasa Inggris apa Retorika ya? Lupa-lupa ingat, ya pokoknya kesan pertama kali sama anak ini wah anak gaul Sasindo inih. Ciri-cirinya feed Instagram selalu rapi dan bertema diedit pake preset, jangankan postingan feed, instastory aja selalu rapi dan niat banget bikinnya. Kalau dia udah mojok dan utak-atik hape, udahlah dia pasti lagi serius bikin story. Pokoknya harus rapi ya antara tulisan, gambar sama filter yang dipakai kudu nyambung. Mau posting foto juga lamaaa bener mikirin captionnya, harus cucok. Paling benci kalau difollow orang trus Via folbek ehh di unfoll lagi ma tu orang. Wkwkk, sempet-sempetnya memantau following sama follower ya vi. Yha itulah anak sekarang. Aniwei Via ni anaknya ceplas-ceplos, kalau kubilang kecil-kecil cabe rawit, sekali ngomong bisa pedes dan menusuk hati. Hahaha, tapi aku suka gayanya. Suka ama dia ni orangnya ontime dan bisa diandalkan. Selain itu, kita sehati dan satu jiwa juga karena bahasa kita sama, Ngapak! Huauaua, kalau lagi males pakai bahasa Indonesia bisalah ajak si Via ngapak njeplak. Lebih mantep gitu kalau ngomong pake bahasa Ibu. Btw walau anak mami tapi dia ni disiplin dan cekatan. Lovee youuu to have you in my trip pokoknya.

Oya, dia ini another version of body sedan isi kontainer. Makannya banyak beud bok! Hahaha, tapi ya ga gemuk2 banget siih bikin ngiri aku yang baru nyebut bakso aja udah naik 2 kg, hadeh!

Intan

Well, this is me, seorang emak-emak beranak dua penganut paham diet mulai besok, no jaim-jaim club, paling heboh, banyak gaya dan cerewet. Bisa aja lah apa aja jadi bahan obrolan, tapi sekarang sih udah ngurangin yang julid-julidin orang yah tapi lebih ke have fun aja. Misal ngobrolin hal yang lucu-lucu, pengalaman gokil, apes or apa aja yang intinya bikin ngakak kalau diomongin. Btw ni emak-emak satu niat banget ya ngetrip ga bawa keluarga, gilaa ya ninggalin anak-anak ama suaminya di rumah. Lhaiyaa sekali-kali to ngetrip bareng teman-teman, bisa bebas lepas, ga harus momong anak dan urus suami.

Btw aku selalu nabung lah untuk jatah ngetrip satu keluarga suatu hari nanti sambil nunggu bapaknya bisa  cuti. Soalnya emak satu ini punya wishilist yang panjang loh kalau urusan traveling, motonya aja : Traveling is like reading a book, kalau ga pergi traveling ya ga akan pindah halaman cuma di situ-situ aja baca bukunya. Fill your life with experiences, have a story to tell not stuff to show.

Nahhh tu diaa cerita tentang travelmate aku ke Karimunjawa kali ini. So happy to have you in my trip! Can’t wait to have another trip with youu guys!

Next, kapan kita kemana?

Published in Uncategorized

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*