Skip to content →

Makanan & Cemilan di Drama CLOY ini Wajib Kamu Coba!


Selama ini para pecinta drakor sudah sangat familiar dengan makanan khas Korea seperti kimchi, ramyeon, bibimbap, kimchi-jiggae, soju, odeng, dll yang sering sekali muncul di Drama Korea. Naaah, di drama Clash Landing on You nih, makanannya agak beda gitu gaes, secara setting tempatnya di Korea Utara yaa walaupun setting waktu di jaman jigeum alias sekarang tapi makanan disana kesannya masih jadul. Tapi justru disitu menariknya, bahan makanan sampai cara memasak  masih terkesan alami dan jauh dari modernisasi. Sepertinya cocok kita konsumsi di masa pandemi ini, yang mana kita harus prihatin, hemat dan harus memanfaatkan apa yang ada di sekitar kita. Cusss ahh disimak!

  1. Kentang Rebus

Kentang Rebus selain bagus untuk kesehatan juga bagus untuk kecantikan kulit loh gaes! Selain punya kandungan vitamin A, B kompleks, C hingga asam folat, kentang juga ada kandungan antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh. Nah selain itu kentang bagus untuk mengendalikan gula darah, jadi aman dikonsumsi oleh diabetesi. Bagus juga nih buat yang mau diet untuk pengganti nasi, diet sih boleh asal tetap harus ada karbo ya jangan cut carbo seluruhnya, nanti bisa-bisa pingsan lagi kan bikin rempong orang sekampung.

Btw busway, kentang bagus juga lho untuk kecantikan. Bisa bersihin flek dan noda bekas jerawat (serius ini ada kawan yang rutin makai masker kentang *kentang diparut untuk dioles ke wajah. Hasilnya wuowww dah ga perlu lagi krim mahal racikan dokter untuk dapat kulit wajah mulus dan glowiing. Selain itu masih banyak manfaat lain loh seperti mengangkat sel kulit mati, mengatasi kulit kering, mencerahkan kulit, menjaga kelembapan. Hmm cucok! Mulai sekarang coba rutin konsumsi kentang dan juga pakai masker kentang ah. Kali-kali muka awak bisa semulus Song Hye Kyo or Jun Ji Hyun yeekaan…

2. Telur Rebus

Kentang rebus, telur rebus, tambahin dah kol sama pare rebus kasih bumbu kacang jadilaah siomay! Huehehe, tapi dimakan langsungan aja enak juga loh. Btw ini kayaknya terlalu berat buat jadi cemilan ya. Makan satu telur dan satu kentang udah bikin perut kenyang *walau cuma berapa jam aja sih buatku pasti abis itu perut keroncongan, wkwkkw. Oiya jadi ingat dulu aku sering banget sarapan telur rebus kalau pagi-pagi ga sempat bikin sarapan or emang ga ada waktu. Kadang kalau satu ga cukup ya rebus dua, hohoho, dijamin kenyangnya mpe siang!

3. Kerak Nasi dan Gula Pasir

Sambil ngemil ini Yoon Seri sambil cerita kalau dia tuh sebenarnya ga bisa makan sembarangan dan ga makan banyak-banyak, seenak apapun masakannya walau dimasakin chef sekelas dunia ya Cuma dimakan tiga sendok ajah, g lebih. Eh sekarang dia heran kok suka  ngemil kerak nasi dicocol gula, banyak lagi! Hahaa…ya gitulah hidup kawan kadang di atas kadang di bawah. Btw busway dulu ibuk sama mbah utiku sering buat lho keripik kerak nasi. Dulu kan masak nasi pakai dandang kan ya trus pasti di bagian bawah tu ada sisa kerak-keraknya yang udah ga bisa diambil lagi. Direndem bentar abis itu dibumbuin trus dijemur di seng sampai kering, baru digoreng. Aku lupa sih step-step bikinnya gimana, coba deh cari resepnya di cookpad kali-kali nemu. Oya bisa dicobain nih dicocol gula pasir ala-ala Korea ngemil intip *iya di tempatku namanya intip. Kalau di tempat kalian namanya apa?

4. Buah Kesemek

Pohon-pohon kesemek terlihat tumbuh di kanan kiri rumah Kapten Ri, nah ini anak buahnya abis panen metik buahnya nih. Nah yang lagi dikupasin itu aku ga tau apaan, yang jelas bukan manggis kan ya? Apalagi jenggol? Hmmm… Btw buah kesemek atau persimmon ini ternyata bisa mencegah penuaan dini alias bisa bikin awet muda looh, whattt? Omaigatt rugi banget akutuuu, ya habis kalau ibu sama adikku beli ini aku ga pernah sentuh sama sekali. Buah ini juga mengandung antioksidan, bisa ngurangin tingkat kolesterol sama tekanan darah gaes. Nah yang terpenting nih, buah ini bagus untuk diet soalnya bisa bantu nurunin berat badan. Wow!

5. Kerang Bakar

Honestly aku kayaknya belum pernah makan kerang jenis ini, paling-paling kerang dara, kerang ijo sama kerang yang warnanya putih dan pipih itu. Aku sempat browsing barusan dan sepertinya ini masuk kerang Topneck dan memang cara memasak yang enak itu dipanggang atau dimakan mentah-mentah kalau ukurannya lebih besar. Nah, di drama CLOY ini langsung disiram minyak trus apinya berkobar-kobar. Cara makannya diambil langsung pakai sarung tangan ya biar ga panas truuus langsung diseruput aja gitu, eeeh biar lebih mantap cangkangnya diisi soju gaes. Hahhaa, hmm harooom buuk! Kalau diganti sprite apa coca cola masih enak juga ga ya?

5. Telor Rebus as Cemilan

Btw aku naksir coatnya Yoon Seri! Cakepp yaak, vintage gimana gitu yaa padahal beli awul-awul di pasar, hahaha. Nah adegan ini pas mereka mau ke Pyongyang untuk foto paspor barunya Yoon Seri, mereka naik kereta api. Di dalam kereta ternyata ada yang nawarin jajanan dan minuman juga loh! Wuih pakai nyanyi-nyanyi segala, yang denger jadi ikutan happy. Yoon Seri jajan dua butir telur rebus sama minuman. Ditawarinnya ke si Kapten tapi dicuekin, wkwkwk. Kasiaan. Yang bikin aku tertarik adalah cara Seri membuka telurnya, biasanya dicetokin aja kan trus dipretelin satu-satu. Eh sama dia dicetok abis itu digremet ke meja pake tangan. Ih ga ngerti jelasinnya, yang udah nonton paham kan ya? Hahaha. Abis nonton adegan ini aku trus niruin caranya buka telur rebus. Gokil!

6. Jagung & Kentang Bakar for Dinner

Nah apes banget di tengah perjalanan eeeh mati keretanya dan butuh diperbaiki, ga tanggung-tanggung butuh 11 jam buat perbaiki keretanya. Whaaaat? Yoon Seri kaget setengah mati lah ya, masak sih sampai 11 jam? Kapten Ri dengan coolnya jawab, oh ga sampai sih, menurutku bisa 13-14 jam. Haaa, syooook lah yaa aku juga heran. Nah lebih heran lagi ga nyampe berapa menit ada penduduk lokal yang nyerbu kereta, bukan apa-apa ternyata nawarin dagangan. Ada yang jual makanan, minuman sampai jual kayu bakar! Ada yang sewain selimut juga karena pas lagi winter juga kan yah. Ehem! Romantis banget nii Kapten Ri bakarin jagung trus dikasihin Yoon Seri, duuuhh kok ku ikutan melting yaaah. Hahaha, mau juga dong jagung bakarnya.

Ngomong-ngomong jagung bakar nih, dulu waktu jaman SMA masih ngehits banget jagung bakar belum ada jajan aneh-aneh kayak sekarang. Kalau lagi camping, naik gunung, atau pas tahun baruan pasti bakar jagung. Diolesin mentega, dikasih saos kalau yang doyan pedes. Hmmm sedep dimakan pas malam-malam.

7. Kentang Panggang

Ceritanya Yoon Seri mau ngambil kentang dekat perapian tapi kepanasan, akhirnya diambilin Kapten RI. Hmm mana dikupasin sekalian,  Omo! Lalu Seri bilang Kapten Ri ini orang baik, dia akan jadi suami dan ayah yang baik buat anak-anaknya. Uwuuwuw so sweeet banget kan yaaah. Ohya udah coba belum kentang panggang? Coba deh kentangnya dicuci trus dioven sekulit-kulitnya. Enak dan pulen loh gaes! Bagus nih buat makan malam pengganti nasi kan ya, cucok buat diet. Kalau mau bisa lah request dikupasin kulitnya ama suamik. Asiiiik..

8. Ubi Panggang

Mirip ubi cilembu kali ya, mmm enak banget nih dimakan pas dingin-dingin. Pas di Nanning dulu emang banyak banget yang jual ubi manis panggang ini. Hangat, pulen and manis. Murah lagi harganya kan ya harganya. Coba nanti aku ke warung utara pasar yang biasa jual ubi cilembu masih jualan ga, pengen borong dah agak 3 kg gitu yaa buat cemilan. Bisa dikukus atau dipanggang buat cemilan oke banget nih. Daripada beli boba or jajan pizza yee kaan.

9. Chicken!

Kalau di Indo jadi lauk dimakan pakai nasi, kalau di Korea  buat cemilan buat teman minum bir or soju. Eman-eman mah kalau cuman jadi cemilan kalau di sini, buat lauk makan aja sama nasi or digeprek sekalian biar nendaang. Ya kali mau dimakan buat teman wedang jahe, hahaha..

10. Kepiting Sungai

Piknik 2 hari makan bersama di pinggir sungai, bawa peralatan memasak plus bahan2 makanan segerobak, eh bawa babi hidup juga! Biar langsung dipanggang di tempat. Jadi ingat waktu ke rumah teman di Bima, waktu itu keluarganya ngajakin makan-makan di pantai dan mereka bawa ayam jago yang masih hidup! Busett, jadi di pantai langsung disembelih dan dicabutin bulunya trus dibakar. Woiiiih…Balik lagi ke CLOY ya si Yoon Seri heran bin kasihan dong sama si Babi dia ga mau makan hewan yang udah lihat matanya langsung. Kasihan wei. Akhirnyaa mereka berempat ke sungai nangkap ikan dan nangkap kepiting! Dibikin sop pakai kuali gede, hmmm enak banget kayaknya yaa

11. Ramyeoooonn!

Implikasi sosial ramyeon. Saat cowo or cewe nawarin kamu mampir ke rumahnya dan nawarin mie instan it means that dia suka sama kita! Hmmm, jadi kamu mau ga makan ramyon di rumahku? Ihiiiirr..

12. Eh ada KitKat

Sponsor lewaaaat, hahaha, tapi beneran sih ini enak soalnya dalamnya ada biskuit gitu kan jadi ga full cokelat. Dan emang rasa coklatnya Kitkat bedaaa, tuuukaaan jadi pengen padahal lagi diet ni lho…

Naaah demikian gaes 12 makanan dan cemilan yang ada di drama Clash Landing On You, semoga menginsipirasi kita semua untuk makan dan ngemil dengan lebih sehat dan hemat yaah. Selamat mencoba!

Published in Uncategorized

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*