Skip to content →

Liziqi, Sosok Inspiratif Perempuan Masa Kini

Sosok inspiratif perempuanku tahun ini jatuh pada Mba Liziqi, seorang gadis cantik yang tinggal di pegunungan daerah Yunnan, China. Berawal dari kawan yang kasih rekomendasi channel youtubenya, “Mba coba deh nonton video-videonya Liziqi, inspiratif banget!” Nah, kubuka deh linknya. Oh My….Makasih banyak, San!

Kesan pertama kulihat mbak ini, gilaaak masih muda tapi kok pinter banget yaa, eduun dia ni serba bisa! Video pertama kulihat dia panen tomat, sama sayur-sayuran buat dimasak sendiri. Gilaaak seger banget pekarangan rumahnya banyak tanaman sayur, buah dan bumbu-bumbu. Palugada, mau apa aja ada! Tinggal cabut, cuci and masak. Video kedua yang kutonton pas dia panen buah leci, yaaaa Allaaaah itu leciii aku cuma bisa lihat bentuk yang sudah diawetkan di kue-kue ultah kan. Eeh dia dengan leluasa metik-metik buah leci yang rimbun di pohonnya. Masyaallah mupeeng…

Sudah bisa ditebak lah ya, hari demi hari kulalui tanpa nonton videonya mb Lizi. Speechless! Ni anak ga cuma jago berkebun, jago masak, dia bisa juga bikin baju dari serat kulit anggur! Uhwaaaaw luar biasaaa, dia gambar pola sederhana dan jahit sendiri gaunnya! Ada juga dia bikinin sepatu kain untuk neneknya, aku ada sih sepatu kain dari China. Cantik banget dan nyaman dipakai. Itu dia juga bisa bikin sendiri! Hebat

Ga cuma urusan dapur ya, dia juga bisa nukang cuy! Bikin perabot meja kursi dari bambu jago banget dia. Mulai dari milih-milih bambu, nebang, sampai gergaji dan nyusun-nyusun jadi kursi. Hmmm luar biasaaa…dia juga bisa bikin bale-bale loh! Bikin pola bale-bale, manfaatin kayu-kayu bekas tak terpakai, dia gergaji, paku-paku, ehh jadi lah tempat duduk cakep, dia gantungin sofa. Cakeeepp….

Piaran hewannya ada banyak, ada babi, ada ayam, ada bebek, ada kuda sama kerbau. Kuda buat ditunggangi kalau dia mau pergi jauh, kerbau buat narik gerobak kalau dia mau panen tebu or yang lain. Ngeriii-ngerii…Sapi ada juga kayaknya. Kalau mau makan ayam atau bebek tinggal ambil aja tu dia, btw dulu aku lihat cewek bisa sembelih ayam aja udah keren banget loh. Ini ga ada apa-apanya dengan mba Lizi!

Berikut ini adalah daftar keahlian mb Lizi yang mungkin tidak dimiliki perempuan-perempuan modern.

  1. Bercocok tanam (ga cuma nanam cabe or tomat ya, dia juga nanam padi gaes! Iya sekalian bajak sawah pake kerbau, nyemai bibit padi sampai nuncep-nuncepin bibit padi ke sawah dia bisaa
  2. Beternak (Miara bebek, dia eramin ke ayam, cobaak bisa yaa)
  3. Nyembelih ayam & bebek
  4. Nukang
  5. Bikin Tahu dari kedelai (Panen kedelai, digiling
  6. Memasak makanan tradisional
  7. Menjahit (Ga sekedar bikin pola trus jahit, dia juga bisa memintal benang dari wool domba asli, cuy! Aku terkezoeetttt dia bisa bikin coat musim dingin dari bulu-bulu domba
  8. Bikin kosmetik dari bunga (Bunga mawar direbus, ditumbuk dan diambil ekstraknya)
  9. Bikin mie dengan cara tradisional China macam di Shaolin Soccer gitu
  10. Main Gitar dan Nyanyi ) suaranya bagus banget btw
  11. Bikin tinta, kertas, kuas, sama alas tinta. Wahini daebak banget lah effortnya dia nyari kulit-kulit kayu untuk diolah jadi kertas trus bikin tintanya sendiri, sampai dia diundang makan malam sama raja Malaysia loh!

Sepertinya masih banyak keahlian-keahlian lain karena belum semua videonya aku tonton. Lumayan hiburan banget loh, buat kalian yang merindukan suasana damai pegunungan dan pedesaan. Cuz aku saranin buat subscribe channelnya dan pasti kalian akan terinspirasi, entah cara memasak, bercocok tanam, menjahit atau bertukang? Nah kalau aku jadi terinspirasi bercocok tanam gaes, aku sekarang dah mulai tanam-tanam cabe, tomat, bayam, sawi, wortel, semoga bisa tumbuh besar dan bisa panen kayak mba Liziqi. Next pengen sih belajar menjahit, tapi lets see deh susah apa ga hahaha…

share pengalaman kalian juga yaaa abis nonton video-videonya

Published in Uncategorized

One Comment

  1. Susanti Djaha Susanti Djaha

    Sama2 mbak Intan..aku langsung cuss baca blog nya mb intan..
    Jdi malu, aku saking terseponanya sm mb Liziqi sampe gak kepikiran mau nulis blog.
    Liat videony mb Liziqi jdi agak kurang excited liat video2 sejenisnya gitu mb akutu..buat aku liziqi is the best lah. Super superwoman pokoknya.

    Btw, tulisan mb intan selalu sukses bikin aku jg ikut bayangin mb Liziqi😄 jdi pengen ketemu dy😄

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*